Kamis, 24 November 2011

BMI "Undocumneted" Meninggal Setelah di Tangkap Polisi


KBRN, Sumenep : Untuk ketiga kalinya selama satu bulan ini salah seorang TKI asal Sumenep kembali tewas di tempat perantauan. Kalau sebelumnya 2 orang TKI Tewas di Malaysia, kali ini  satu orang TKI yakni Moh Saleh ( 52 th)  warga desa Muncek Barat, Kecamatan Lenteng, tewas di Arab Saudi.
Humas Asosiasi ATKI Madura, Efendi yang juga tetangga korban,  menuturkan, pihak keluarga di Madura masih belum tahu kronologis yang sebenarnya, karena jenazah korban tidak dibawa pulang ke Madura, melainkan langsung dikebumikan di Arab Saudi. Hal itu disebabkan Moh. Saleh tidak memiliki dokumen resmi dan yang bersangkutan tewas setelah sebelumnya ditangkap polisi Arab Saudi, kemudian saat menjalani pemeriksaan yang bersangkutan tewas.

Menurut Efendi, meskipun yang bersangkutan tidak memiliki documen, namun pihaknya akan berupaya menelusuri penyebab sebenarnya, dan ia berharap agar ada perhatian juga dari pemerintah terhadap banyaknya TKI tidak berdokumen yang tewas saat menjadi pahlawan devisa.
"Kita mendesak pemerintah dan Pemkab Sumenep serius melakuan pendataan dan sosialisasi secara langsung kepada warga, agar mereka sadar betapa pentingnya berangkat secara legal, karena selama ini sosialisasi cuma dilakukan dari dinas ke dinas dan terkesan ceremonial saja," ujarnya, Rabu (23/11).
Sementara itu Kabid Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sumenep Fatah Zamani menegaskan, hingga saat ini yang terdata secara resmi menjadi TKI hanya 30 orang, sedangkan untuk 3 orang yang tewas tersebut masih belum ada laporan resmi, baik dari kepala desa maupun dari kedutaan.

"Kami belum tahu pak, karena tidak ada laporan, baik dari kepala desa, maupun dari kedutaan," akunya.
Sementara untuk sosialisasi, Dinas Tenaga Kerja, kata Fatah Zamani, sudah sering melakukan meskipun anggarannya terbatas, namun terhadap semua TKI yang dideportasi dan mampir ke dinas  pasti dibsringan pengarahan termasuk uang saku.

Sebelumnya, tanggal 1 November lalu  Rosi (52 th)  warga Aeng Tongtogn Kecamatan Saronggi tewas di Malaysia,  kemudian tanggal 15 November Subairi ( 20 th) warga  Bila pora Timur Kecamatan Ganding, juga tewas di Malaysia. Terakhir, Moh Saleh Warga Muncek Barat kecamatan Lenteng Tewas di Arab Saudi. 



http://rri.co.id/index.php/detailberita/detail/4611

Tidak ada komentar:

Posting Komentar